Animasi 3D  Iklan Layanan Masyarakat  Pencegahan Flu Burung

(Kajian Estetika Animasi dan Makna Iklan pada Desain Komunikasi Visual)

Abstrak:

Iklan kreatif dalam ILM (Iklan Layanan Masyarakat) pencegahan flu burung dengan model animasi kartun 3D sangat menarik dan komunikatif. Iklan Layanan Masyarakat ini telah tayang di media televisi beberapa tahun yang lalu tepatnya di tahun 2007-2008 oleh Komnas FBPI, PBB dan Masyarakat Jepang. Ungkapan visual dalam ILM menggunakan pendekatan kreatif model animasi kartun 3D, mempunyai daya tarik visual baik secara estetik ataupun semiotik. Keunggulan ini tidak dapat ditemui dalam ILM sejenis yang menampilkan secara visual talen dari model iklan yang sesungguhnya.  Karena keunikannya ini maka karakter dari model animasi sangat menarik dan mampu memberikan ketertarikan mata yang melihat secara visual.

Selama ini pendekatan animasi kartun 3D sering sebagai sarana penyampai pesan pada iklan produk, seperti halnya dalam pendekatan iklan pada produk makanan anak-anak dapat dijumpai di media televisi.

Pendekatan animasi kartun 3D adalah salah satu bentuk dari pendekatan kreatif dalam ILM di televisi yang proses pengerjaannya melalui model motion graphic dengan sofware tertentu, salah satunya dengan sofware Animasi 3D Max.  ILM menggunakan model pendekatan ini mempunyai suatu keunggulan tertentu sebagai salah satu strategi dalam penyadaran tentang pencegahan flu burung agar lebih efektif dan mengena di benak audien. Ungkapan makna visual dalam citra animasi kartun mempunyai bentuk nilai kekuatan tersendiri. Kekuatan ini yang menjadikan bentuk iklan sosial dalam format animasi kartun 3D menjadi sebuah pilihan pendekatan yang layak untuk dilakukan agar iklan dalam pesan sosial dapat cepat tercerna oleh otak motorik manusia dengan segera.

ILM dalam sosialisasi pencegahan flu burung yang dilakukan oleh Komnas FBPI, WHO dan Japan Fondation ini adalah sangat menarik untuk dikaji. Faktor daya tarik visual dari citra kartun 3D adalah hal utama yang akan diteliti dengan pendekatan estetika dan maknanya adalah hal yang utama. Sehingga dapat dirumuskan mengapa pendekatan animasi kartun 3D  dalam eksekusi sebuah iklan sosial (ILM) pencegahan flu burung menggunakan model ini.

 

Kata Kunci: animasi, estetik, makna